6 Tips Efektif Menghindari Tugas Sekolah Menumpuk

Tugas sekolah atau yang disebut pekerjaan rumah (PR) biasanya diberikan guru kepada siswa sebagai kegiatan pengayaan. Selain itu, PR juga dapat digunakan guru untuk mengukur kemampuan siswa terhadap materi yang telah diajarkannya di kelas. 

Pemberian PR juga diyakini bisa mengurangi kebiasaan buruk siswa yang mengunakan handphone secara berlebihan atau sudah pada fase kecanduan. Pengunaan handphone oleh siswa bisa diarahkan menjadi kegiatan yang produktif dengan berbagai tugas sekolah yang beraneka ragam.

Seperti yang kita ketahui, berkembang pesatnya teknologi juga telah mempengaruhi segala lini kehidupan khususnya dalam dunia pendidikan. Sekarang PR tidak hanya berbentuk konveksional sekedar menjawab pertanyaan yang diberikan dengan cara ditulis tangan atau diketik, melainkan dibuat dalam bentuk poster digital bahkan vidio.

Diberikannya tugas sekolah membuat poster digital atau vidio secara tidak langsung telah mengasah kemampuan siswa untuk bersaing dalam ketatnya persaingan global setelah lulus sekolah. Namun, beberapa siswa sering merasa tugas sekolah yang diberikan oleh guru terlalu banyak sehingga kesulitan membagi waktu untuk dapat menyelesaikannya.

Kurangnya waktu dalam menyelesaikan semua tugas sekolah seringkali disebabkan oleh banyaknya tugas yang menumpuk akibat terlalu sering menunda. Terkadang memilih untuk menjadi deadliner atau mengerjakan tugas ketika sudah mendekati tenggat waktu atau hari pengumpulan. Akhirnya badan terasa lelah karena lembur hingga kurang tidur akibat mengerjakan tugas sehari sebelum waktu pengumpulan. 

Jangan bingung, panik, apalagi terlalu menyalahkan diri sendiri akibat perilaku sering menunda tugas. Tugas sekolah yang sudah terlanjur menumpuk kerjakanlah dengan serius dan tetap memperhatikan kesehatan diri terutama pola makan serta pola tidur.

Pastinya juga jangan mengerjakan tugas dengan tergesa-gesa, karena dengan tergesa-gesa kemungkinan besar dapat membuat salah tulis atau salah menjawab karena kurang fokus, sehingga harus mengulang dari awal serta mendapatkan nilai tugas yang tidak maksimal.

Sebelum tugas sekolahmu menjadi pekerjaan yang menumpuk, lakukan beberapa tips untuk menghindarinya. Berikut adalah 6  Tips menghindari tugas sekolah tidak menumpuk, diantaranya:

Hindari kebiasaan menunda

Kebiasaan menunda mengerjakan tugas sekolah merupakan salah satu kebiasaan buruk yang harus dihindari, Karena semakin sering kita menunda untuk mengerjakan tugas sekolah maka akan semakin menumpuk tugas sekolah yang harus kita kerjakan nantinya. 

Membuat jadwal pengerjaan

Buatlah jadwal atau list pengerjaan tugas sekolah sehingga mempermudah dalam penyelesaiannya. Misalnya: pulang sekolah langsung istirahat bermain handphone sekaligus mencicil tugas edit vidio, malam hari mengerjakan tugas matematika, besok pagi menyicil tugas prakarya, dan seterusnya.

Niat sebelum mengerjakan

Kerjakan tugas dengan niat yang kuat serta diawali dengan berdoa, sehingga di tengah-tengah waktu mengerjakan tidak diganggu oleh pikiran atau keinginan untuk menyelesaikan tugasnya dilanjut besok hari atau nanti-nanti saja.

Membaca mendalami materi

Salah satu manfaat mendalami materi yaitu akan lebih memahami tugas yang akan dikerjakan. Cara mendalami materi salah satunya adalah sering membaca.

Fokus jauhkan gangguan

Pertahankan fokus dengan cara menjauhi sementara media sosial, game atau televisi yang sekiranya dapat mengganggu fokus, karena jika fokus sudah teralihkan dengan bermain game, maka waktu yang seharusnya digunakan untuk mengerjakan tugas akan habis oleh kegiatan bermain game apalagi game online yang tidak bisa di jeda atau pause.

Tempat yang nyaman

Kerjakan tugas ditempat yang nyaman serta bersih, maka kita akan betah misalnya jika harus berlama-lama di tempat tersebut.

LihatTutupKomentar